Home

Mohamad Iyos Rosyid

Nama lengkap MOHAMAD IYOS ROSYID disingkat MIR. Biasa dipanggil YOSA atau YOS. Saya lahir di kota kecil, MALINGPING, LEBAK-BANTEN pada tanggal 9 Oktober 1991 dan berasal dari keluarga Sederhana.  Ayahku lulusan D3 IPB angkatan 28. Ibuku seorang Guru Pendidikan Agama Islam SD dan sekaligus Alumni (S1) STAISMAN PANDEGLANG. Semenjak kecil saya diajarkan untuk menjadi orang yang berani, tegas, bertanggung jawab dan empati kepada semua orang. Ayahku mempunyai keberanian dan tanggung jawab yang tinggi dalam mengambil keputusan dan Ia selalu menyarankan kepada saya untuk mempunyai rasa sosial yang sangat tinggi.

Sejarah dalam menempuh pendidikan sangatlah membutuhkan proses yang panjang meski tidak semuanya berjalan dengan mulus. Banyak tantangan, kebahagiaan, dan sebagainya, yang semuanya bercampur aduk dalam sejarah kehidupan saya. Pada tahun 1997 – 2003, saya menginjakan kaki di SDN SUKAMANAH 1. Tahun 2003 – 2006, Saya menempuh SMP N 1 MALINGPING, dan tahun 2006 – 2009 saya bersekolah di SMA N 1 MALINGPING, serta 2009-2013 saya melanjutkan di Perguruan Tinggi INSTITUT PERTANIAN BOGOR. Selama SD, saya selalu diberikan amanah untuk menjadi ketua kelas, dan saya selalu mendapatkan prestasi juara 1 dikelas. Memasuki SMP, karena banyak persaingan dari berbagai daerah, saya selalu mendapatkan peringkat 5 besar. Serta memasuki SMA saya selalu mendapatkan peringkat 5 besar pula. Sehingga saya mendapatkan PMDK/ USMI masuk Perguruan Tinggi di INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

Hobi saya selain Berenang, Tenis Meja, Baca Buku, Menulis, Berdiskusi dan jalan-jalan dengan motor kesayangan, yaitu Berorganisasi. Organisasi mulai saya kenal ketika SD, dan saya bergabung di Organisasi Pramuka, dan saya menjadi Ketua Pramuka pada masa itu (2001-2002). Menginjak SMP, saya bergabung dengan organisasi Tenis Meja Prakarsa Malingping (2004-2005). Semasa SMA, banyak organisasi yang saya ikuti, yaitu English Club, PMR, KIR, dan MPK. Di MPK saya diamanahkan menjadi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (2007-2008), dan di Palang Merah Remaja saya menjadi Ketua (2007-2008).

Menginjak dunia kampus, saya aktif diberbagai kepanitiaan dan organisasi. Mulai dari kepanitian Organisasi Daerah, Kampus, dan MPKMB 47, yang diamanahkan menjadi Komisi Disiplin (Komdis). Saya bergabung dengan Lembaga Struktur dibawah naungan Kementerian Soskemas BEM KM yaitu BINA DESA BEM KM IPB pada tahun 2009-2010, sebagai Wakil Divisi Pengembangan Masyarakat, dan pada Tahun 2010-2011, saya bergabung dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEMA di divisi Politik Kajian Strategi dan Advokasi (Polkastrad). Selain itu juga, Saya bergabung di Kementrian Kebijakan Publik BEM KM IPB Kabinet Berkarya dan menjadi Ketua Aksi Propaganda (2011-2012).

Di samping itu, Saya juga aktif di beberapa organisasi diluar kampus seperti Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bogor sebagai ketua divisi Polkastrad (Politik Kajian Strategi dan Advokasi) tahun 2010-2011, Paguyuban Masyarakat Banten Selatan (PMBS) sebagai Ketua Umum 2011, Komunitas Author of The Dream, pernah bergabung di Ikatan Mahasiswa Cilangkahan (IMC), dan pernah bergabung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor.  Saya juga aktif menulis dibeberapa media cetak maupun media online.

Saya masuk perguruan tinggi IPB pada tahun 2009. Pada tanggal 18 Juli 2013 saya memperoleh gelar Sarjana komunikasi pengembangan masyarakat (S.KPm) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah melewati proses sidang skripsi yang berlangsung pada tanggal tersebut. Masa-masa kuliah yang saya lalui 4 tahun. Suatu rekor yang fantastik dan inspiratif pada seorang aktivis. Tahun 2009-2013 lulus Sarjana di Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB. Menjadi seorang aktivis kampus dan aktivis daerah tidak menyurutkan untuk bermalas-malasan, melainkan memacu kita untuk terus berkarya dan mengutamakan kewajiban akademik. Mengekspresikan untuk kemajuan daerah agar lebih berdaulat pada pemberdayaan masyarakat.

Latar Belakang SMA saya adalah IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), dan di Perguruan Tinggi saya mengambil Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Communication and Community Development) FEMA-IPB. Ketertarikan dalam dunia sosial yang membuat saya memilih ini. Dunia sosial mengajarkan untuk saling berinteraksi, bersosialisasi, dan saling berbagi kepada satu sama lain. Ketertarikan itu, yang membuat minat saya untuk mencapai cita-cita saya di ranah entrepreneur. Agar saya mampu membangun daerah saya maupun negeri ini, karena realita sosialah yang menuntut saya untuk bergerak memajukan dan membangun daerah.

Salam,

Mohamad Iyos Rosyid

(MIR Yosa Albantani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: