Home

Pantai Sawarna, Lebak Selatan, Banten


PANTAI SAWARNA, LEBAK SELATAN, BANTEN

Oleh :

Mohamad Iyos Rosyid

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Rasanya ada yang kurang bagi saya pribadi, sebagai warga asli Banten Selatan kalau tidak menuliskan keindahan daerahnya. Maka dari itu saya ingin berbagi tentang keindahan terutama keindahan pesisirnya. Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Sawarna? Pantai Sawarna merupakan pantai yang paling indah di Lebak Selatan. Keindahan Pantai Sawarna dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap sehingga pengunjung atau tourist dimanjakan dengan keindahan pantai tersebut. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati homestay atau villa untuk menginap dan bersantai. Selain itu juga, terdapat sewa sepeda yang telah disediakan, pengunjung hanya menyiapkan budget untuk dapat menikmati keindahan Pantai Sawarna. Pantai Sawarna juga memiliki pasir putih yang sangat memberikan estetika atau keindahan bagi para pengunjung. Gelombang ombak yang bersahabat sangat memanjakan pengunjung untuk dapat menikamati surfing atau berselancar. Romantisme Sawarna juga bisa dirasakan oleh para pasangan / kekasih atau remaja wanita-pria (Bagi yang Punya ; Kalau tidak punya alias jomblo bisa terobati dengan keindahan alamnya).

Suasana Pantai Sawarna

Suasana Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak-Banten. Desa tersebut merupakan daerah pesisir dan di kelilingi oleh pesawahan. Areal persawahan yang membentang luas, panorama desa yang asri, hembusan udara yang sangat sejuk, suasana yang desa yang agraris, dan jejeran pohon kelapa dan pohon jati yang berjejer bagai pagar betisnya desa. Lokasi yang berbukit dan sepanjang areal garis selatan merupakan laut . Itulah keindahan dan potensi Desa yang kaya dengan Pariwisatanya yang dimiliki oleh Desa Sawarna. Keindahan tersebutlah yang menjadikan Desa ini menjadi Desa Pariwisata dan di juluki Desa Pantai yang memiliki Pantai “Perawan”. Alasan tersebut karena Desa ini memiliki Pantai yang bersih dan asri, serta masih menjaga kearifan lokal dan nilai-nilai agraris yang dimilikinya meski pembangunan mulai digencar-gencarkan di lokasi Desa Sawarna. Perubahan sosial pun sudah terjadi di Desa Sawarna, saat ini Desa Sawarna sudah mulai bergeser pada modernisasi yang masuk di Desa ini, seperti pembangunan yang digencar-gencarkan, teknologi yang sudah masuk, tetapi mereka tetap mempertahankan kearifan lokalnya dengan mempertahankan budaya bertani dan budaya melaut.

Surfing, Pantai Sawarna

Surfing, Pantai Sawarna

Pantai Sawarna juga memiliki ombak besar yang sangat indah dan terasa indah saat alunan ombaknya menerjang diri kita ketika posisi kita berada diatas ombak dan mengayunkan surfing. Kita juga merasa percaya diri dan betapa hebat saat kita berada diatas ombak dan memainkan surfing, saat itulah kita merasa ternikmati jiwa dan raga kita, saat berada diatas ombak dan mengikuti alunan ombak yang sangat indah. Keindahan tersebut mengobati kepuasaan diri kita dan me refresh otak-otak yang mumet disaat rutinitas yang begitu padat. Solusi untuk me refresh yaitu dengan berlibur di Pantai Sawarna, Lebak Selatan, Banten yang terkenal dengan keindahan yang menawan. Suasana yang nyaman, bersih, dan indah selalu terlintas di pantai Sawarna yang mengagumkan. Ombak dan pasir putih yang menghiasi adalah keindahan yang diberikan oleh Allah SWT untuk pantai ini. Pantai ini sangat mengagumkan dan indah.

Tanjung Layar, Pantai Sawarna.

Tanjung Layar, Pantai Sawarna.

Inilah Keindahan-Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sawarna, Lebak Selatan, Banten, diantaranya :

1. Tanjung Layar adalah sebuah Karang yang sangat tinggi yang terletak di Sawarna. Dua karang yang membentang di tengah laut ini, menjadikan icon Pantai Sawarna. Inilah yang menjadi keindahan yang dimiliki oleh Pantai Sawarna.

2.  Penanaman Pohon Katapang bertujuan untuk memberikan keindahan di sekitar tempat / objek wisata Pantai Sawarna. Di Pantai ini juga ada aturan setempat yang menjadikan kearifan lokalnya seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan warga Desa Pantai Sawarna memfasilitasi tempat sampah agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Disana juga terdapat aturan dan tulisan kepada para pengunjung agar tidak merusak pohon-pohon dan terumbu karangnya. Aturan tersebut bertujuan untuk menciptakan kenyamanan para tourist serta memberikan nilai-nilai keindahan agar kita senantiasa menjaga alam yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Penanaman Pohon Katapang

Penanaman Pohon Katapang

3. Pantai Sawarna memiliki jembatan gantung yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki, pengguna motor, sepeda, namun tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermobil untuk bisa masuk ke pantai Sawarna. Jembatan gantung tersebut menjadi icon Pantai Sawarna dan saksi sejarah dari proses Perubahan Sosial yang terjadi dari tahun ketahun hingga saat ini. Mereka masih memanfaatkan kearifan lokalnya dan masih menggunakan bahan dari papan, meski pemerintah setempat menyuruh untuk menggunakan jembatan beton (dari semen) namun masyarakat tetap mempertahankannya dengan jembatan gantung dari tali tembaga dan papan kayu. Jembatan tersebut memiliki daya tarik dan kenikmatan tersendiri ketika kita melewatinya. Saat kita melewatinya kita memacu adrenalin dan keberanian disaat jembatan gantung tersebut bergoyang dan dibawahnya dialiri oleh derasnya arus sungai. Itulah daya tarik dan keindahan dari Jembatan Gantung Sawarna.

Kebersamaan, KPM 46, FEMA-IPB

Kebersamaan, KPM 46, FEMA-IPB

Saat teman-teman saya dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat angkatan 46, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor berkunjung ke Pantai Sawarna, mereka terkejut dan merasa kagum dengan keindahan yang dimiliki oleh Banten Selatan ini. Potensi baik dari segi agraris, agropariwisata, ekologi, kelautan dan pertanian sangat memiliki peluang dan potensi sangat besar jika dimanfaatkan secara optimal dan dilestarikan. Pelestarian pariwisata dengan menjaga alamnya akan memberikan nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar dan berimplikasi kepada kesejahteraan masyarakat sekitar jika hal itu dikelola dengan baik.

Dari sisi ekologi, mereka sangat mengagumi keindahan terumbu karang yang dimiliki oleh areal pantai ini. Terumbu karang yang membentang sepanjang areal pantai masih dalam kondisi baik dan bagus. Kejernihan pantainya dapat melihat ekosistem biota laut yang dimiliki oleh Pantai ini. Pantai ini juga memiliki keindahan pasir dan ombak yang sangat besar. Mereka sangat menyukai keberadaannya ketika berada di Pantai Sawarna. Memang saat rutinitas dan kesibukan menghampiri dan tuntutan tugas yang perlu dijalankan oleh seorang Mahasiswa, alternatif lain untuk me refresh itu adalah dengan berlibur. Berlibur yang sangat bermanfaat dan memberikan nilai-nilai edukasi bisa dirasakan ketika berada di Pantai Sawarna.

Bermain Pasir, Pantai Sawarna

Bermain Pasir, Pantai Sawarna

Bagi teman-teman yang belum pernah berkunjung ke Pantai Sawarna, sudah saatnya berkunjung dan menikmati nilai-nilai keindahan dan edukasi yang dimiliki oleh Pantai ini. Teman-teman akan banyak belajar mengenai nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki di pantai ini. Teman-teman juga akan merasa nyaman dan bahagia serta terbebas dari rasa mumet saat rutinitas kita padat. Selain itu, teman-teman juga dapat membeli oleh-oleh berupa hasil pemanfaatan dari terumbu karang, kerang laut, atau yang sering disebut limbah bahkan buangan dari limbah kepiting dsb yang dapat diolah menjadi nilai ekonomis berupa Souvenir sebagai bukti oleh-oleh dari Pantai Sawarna.

1 Comment (+add yours?)

  1. indra setiyadi
    Nov 08, 2014 @ 14:14:44

    tulisan lu keren yos, lanjutkan brader…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: