Home

Canting

CANTING MALINGPING

Oleh :

Mohamad Iyos Rosyid

Limbah Canting (Tempurung kelapa)

Canting?? Orang awam akan bertanya-tanya, apa itu canting? Canting merupakan sebutan batok kelapa yang tidak ada air dan isi kelapa muda di dalamnya. Canting Malingping merupakan souvenir dibidang seni dan kreatifitas anak pribumi. Salah satu paguyuban yang ada di selatan yaitu Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yang merupakan wadah apresiasi masyarakat banten selatan yang memiliki konsistensi kepada pengembangan masyarakat (community development) mempunyai tujuan yang sangat mulia untuk sama-sama saling mengembangkan kreatifitas masyarakat banten pada umumnya dan banten selatan pada khususnya. Fokus utama sebagai salah satu program paguyuban masyarakat banten selatan yaitu memfasilitasi produk/barang sebagai salah satu produk yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi khususnya di daerah Kp. Pagelaran Rt/Rw 08/01 Desa Pagelaran Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak Provinsi Banten agar produk tersebut mampu bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yang berdiri pada tanggal 8 Februari 2009 silam hingga sekarang terus berjuang agar khususnya daerah Lebak Selatan dan umumnya Banten Selatan menjadi sektor daerah yang mampu mengembangkan daerahnya dengan baik, serta menjadikan produk-produk unggulan seperti produk agribisnis. Ketua Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yaitu Mohamad Iyos Rosyid (penulis) pada tanggal 4 September 2011, mengadakan diskusi panel dengan pemangku kepentingan yaitu Bapak Iman Teguh Budiana, Kang Sutisna, Kang Madroji, dan Kang Jojon agar para akademisi, mahasiswa, masyarakat, serta pemuda secara bersama-sama menjunjung hasil kreatifitas tersebut untuk dijadikan sebagai salah satu Icon Souvenir Malingping.

Pertemuan Canting 4 September 2011

Hasil dari pertemuan itu, Pak Iman Teguh Budiana (foto-posisi tengah) mengatakan bahwa, Lebak Selatan akan maju dan berkembang apabila pemuda-pemudi mempunyai pemikiran semacam ini, salah satunya pemikiran pengembangan masyarakat. Selain itu juga Ketua Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yaitu Mohamad Iyos Rosyid (Penulis) menginginkan agar kerajinan ini menjadi salah satu icon souvenir malingping. Mohamad Iyos Rosyid (penulis) berharap Jika Boneka Horta yang merupakan icon souvenir IPB bisa menjadi produk unggulan boneka dengan tumbuh rumput yang sudah beredar dikalangan masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Luar Negeri. Mohamad Iyos Rosyid (penulis) sangat optimis Canting Malingping pun bisa menjadi produk unggulan Malingping dan diharapkan bisa diterima di kalangan masyarakat Indonesia maupun Luar Negeri, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk lain.

Canting

            Canting sendiri sering dianggap sebagai limbah/sampah yang tidak dapat menghasilkan nilai jual, sehingga sering diabaikan oleh masyarakat khususnya Lebak Selatan. Tetapi seorang Mahasiswa IPB dan sekaligus Ketua Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yaitu Mohamad Iyos Rosyid (penulis) dengan di bantu oleh teman-teman kreatifitas seperti kang Sutisna, Kang Madroji, Eka Daud, Pak Rosid, Kang Akri, dan Kang Jojon. Canting tersebut di sulap menjadi suatu kerajinan yang dapat memiliki nilai jual. Sejauh ini kerajinan tersebut masih di promosikan kepada masyarakat lokal. Sehingga perlu kerjasama antara semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk mampu mempromosikan serta menjadikan hasil tersebut menjadi nilai jual dan mampu menumbuhkan sistem perekonomian di Lebak Selatan. Sehingga ketika orang luar Lebak Selatan ingin mengunjungi daerah Malingping dan sekitarnya mereka dengan sengaja ingin membeli souvenir khas Malingping yaitu Canting Malingping. Rencananya Canting tersebut akan di promosikan di Kampus Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, di dalam Malingping dan Luar Malingping. Untuk itu perlu peran pemerintah daerah untuk mendukung salah satu hasil kreatifitas anak pribumi ini, serta dukungan masyarakat agar Malingping memiliki icon souvenir.

Canting

Salah satu hal yang sangat bermanfaat apabila sekelompok atau individu memiliki ide atau kreatifitas maka itu sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk saling membantu dan mengembangkan masyarakat Lebak Selatan sehingga kita semua saling mengapresiasi hasil tersebut, karena suatu ide atau kreatifitas sangatlah mahal dan jarang semua orang memiliki kreatifitas semacam ini. Diharapkan baik Media, maupun Pejabat Pemerintah, Akademisi, Mahasiswa, Pelajar, dan stakeholders saling bersinergi untuk memajukan daerah Lebak Selatan menjadi daerah yang bisa dan mampu mengembangkan usaha Agribisnis. Karena pada dasarnya kerajinan semacam ini perlu mendapatkan bantuan finansial agar hasil yang didapatkan menjadi hasil yang sangat berkualitas, sehingga tidak hanya di Kp Pagelaran Rt/Rw 08/01 Desa Pagelaran Kecamatan Malingping Saja yang bisa memproduksi hal semacam ini, tetapi setiap daerah mampu mengembangkan hasil kreatifitasnya sesuai dengan khas daerahnya masing-masing.

Ket :

Leaflet Canting

Leaflet Canting Belakang

Canting

AYO BERWISATA DAN BERKUNJUNG KE LEBAK SELATAN, NIKMATI PANTAI BAGEDUR-MALINGPING, PANTAI KARANG SEKE-BINUANGEUN, PANTAI PASIR PUTIH-CIHARA. JANGAN LUPA BELI KHAS SOUVENIR MALINGPING BERUPA CANTING MALINGPING.

7 Comments (+add yours?)

  1. zhakiyahrasyiedh87
    Nov 20, 2011 @ 02:27:28

    kreatif boss

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Nov 20, 2011 @ 02:35:50

      Makasih Zaky, mohon bantuannya untuk mempromosikan ini, supaya pemerintah juga mendengar kerajinan kreatifitas ini, sehingga bisa membantu masyarakat agar meminimalisir pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan khususnya di Banten Selatan.

      Reply

  2. Bunda Senandung Yenimulyani
    Nov 21, 2011 @ 04:45:42

    Siplah

    Reply

  3. yeni agustien harahap
    Dec 04, 2011 @ 04:39:01

    kratif bgt…
    sangat perlu dimajukan.
    semangat yosa…
    sklian cara kamu mengembangkan masyarakat dan memberikan sesuatu perubahan melalui pengaplikasian ilmu yang kau daptkn sbgai mahasiswa KPM

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Dec 04, 2011 @ 04:45:21

      Makasih Yeni, semoga Canting ini yang mesti sekarang mengalami kendala dalam alat. Tapi yosa yakin, hasil dari pengembangan masyarakat ini bisa menjadikan produk Canting menjadi produk yang sesuai mottonya yakni, produk lokal go global..

      Reply

  4. ni'ma winthep
    Dec 04, 2011 @ 04:47:59

    ide pengembangan masyarakat yg bagus banget.. sukses trus buat yosa sebagai pemimpin paguyubannya, tapi sepertinya promosi ke masyarakatnya msh kurang yah?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: