Home

Pariwisata

INDAHNYA DAERAHKU (LEBAK SELATAN-BANTEN)

Oleh :

Mohamad Iyos Rosyid

                 Lebak Selatan sangat memberikan penawaran terhadap keindahan Pantai Selatan, yang hanya dimiliki oleh Provinsi Banten. Lebak Selatan sangat memiliki kekayaan Budaya, Pariwisata,  Pertambangan, Emas, dan Pertanian serta Perkebunan Kelapa Sawit maupun Karet. Pantai yang memiliki keindahan dan nuansa santai untuk di kunjungi yaitu Pantai Bagedur dan Pantai Talanca (Malingping) ; Pantai Pasir-Putih, Pantai Karang Tumaritis (Cihara) ; Pantai Karang Taraje dan Pantai Sawarna (Bayah) ; Pantai Karang Seke, Pantai Karang Malang, Pantai Sawah Kabayan, dan Pantai Kembang Ranjang (Binuangeun). Nama-nama daerah tersebut tidak asing lagi di telinga masyarakat lokal. Namun, Pantai tersebut kurang begitu familiar di masyarakat luar Banten. Karena peran masyarakat untuk mengekspos serta kepedulian pemerintah daerah terhadap pariwisata sangatlah rendah. Jika pariwisata mampu di kembangkan dengan baik, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, maupun pendapatan daerah, serta mampu melestarikan daerah yang otonom.

Pantai Sawarna (Bayah)

                           Pantai Sawarna merupakan pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai ini sangat memberikan estetika yang menawan dan cocok untuk refreshing dikala aktivitas kita semakin menumpuk. Pantai ini pernah dijadikan shooting video klip grup Boy Band yang ngetop dan tren saat ini yaitu Boy Band SM*SH.  Video klip yang pernah dibuatnya di pantai ini yaitu video klip Ada Cinta yang dinyanyikan oleh group Boy Band SM*SH ini. Sangat mudah apabila kita ingin berkunjung ke pantai ini, salah satunya bisa menggunakan mobil pribadi maupun motor pribadi. Namun, ketika menemui jembatan bergoyang mobil atau kendaraan roda empat tidak bisa melaluinya, karena yang bisa dilalui untuk mencapai tepi pantai ini dengan menggunakan motor ataupun jalan kaki. Banyak turis-turis dari mancanegara yang sering berkunjung ke lokasi ini, bahkan touris tersebut membangun rumah di dekat lokasi pantai Sawarna ini. Mayoritas penduduk disekitar ini bermata pencaharian yang sangat beragam, mulai dari sebagai pengumpul dan penambang batu bara, nelayan, petani, bahkan pedangang disekitar pantai. Penduduknya sangatlah baik dan ramah kepada pengunjung.

Pantai Karang Seke (Binuangeun)Pantai Karang Seke (Binuangeun)

                          Berbeda halnya dengan Pantai Sawarna, Pantai Karang Seke (Binuangeun) merupakan pantai yang berlokasi di Desa Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Masyarakat disini mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Wilayah ini sangat strategis karena lokasinya yang dikelilingi oleh lautan menjadikan masyarakat ini bertekad sebagai nelayan. Lokasi ini sering dijadikan para pengunjung atau wisatawan untuk tempat yang strategis dalam berkumpul serta “babacakan” (makan bareng bersama dengan bakar ikan di lokasi setempat). Jika kita ingin membakar ikan di tempat ini, kita bisa dengan mudah untuk mencarinya, karena lokasi pantai ini berdekatan dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Pantai Bagedur (Malingping)

                         Pantai Bagedur merupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di daerah kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, provinsi Banten. Pantai Bagedur berjarak sekitar 115 km dari Kota Rangkasbitung. Sebagai objek wisata, pantai ini tak pernah sepi oleh kunjungan wisatawan. Daya tarik pantai itu bukan saja karena panjangnya mencapai sekitar 10 kilometer tetapi juga lebar pantai dengan kelandaiannya yang memungkinkan areal pantai dijadikan lokasi reli motor. Pantai dengan sepanjang 10 kilometer mempunyai ombak yang begitu menawan dan sangat indah, tidak terlihat karang di sepanjang area pantai, sehingga enak untuk dijadikan tempat renang.

Pantai Karang Tumaritis (Cihara)

                         Pantai Karang Tumaritis (Cihara) merupakan pantai yang memiliki keindahan dengan View sawah di depan pantai.  Sawah yang berada di Pantai ini menggunakan sistem teras, sehingga keindahannya semakin menawan. Ada alternatif  jalan jika kita ingin mengunjungi pantai ini. Mobil dan motor pun bisa melaluinya. Jarak Tempuh dari Malingping ke Cihara yaitu 12 km. Namun masyarakat disini lebih tertarik menjadi petani dari pada nelayan. Sehingga jarang  kita temui nelayan di tempat ini.

Pantai Pasir-Putih (Cihara)

                         Pantai Pasir-Putih terletak di Cihara. Pantai ini Sangat menawan dan  indah untuk bersantai. Pantai ini memiliki karang yang alami yang membentuk kotak sehingga karang tersebut sering di jadikan tempat renang oleh pengunjung. Jarak tempuh dari Malingping menuju Cihara yaitu  10 km. Perjalanan yang sangat melelahkan itu akan terobati dengan view kearifan lokal Lebak Selatan. Kebudayaan dan keindahannya akan terasa ternikmati ketika kita sudah berada disana. Selain itu Pantai yang sangat indah ini sangat memberikan panorama yang begitu memuaskan hati dan pikiran kita disaat kita lagi mumet dengan tugas-tugas kuliah maupun tugas-tugas kantor. Keindahan alam yang dimiliki oleh Lebak Selatan menjadi salah satu obat untuk merefresh pikiran kita menjadi menenangkan dan penuh kesegaran. Salah satu alternatif bersantai dengan nuansa pantai yang paling tepat adalah Lebak Selatan (Malingping, dan sekitarnya).

AYO BERWISATA KE LEBAK SELATAN, NIKMATI KEINDAHANNYA, JADIKAN TEMPAT LOKASI LEBAK SELATAN SEBAGAI TEMPAT DIMANA KAMU BERKREATIFITAS DAN BERINOVASI

8 Comments (+add yours?)

  1. desi purnama
    Jun 20, 2011 @ 04:56:17

    bagus…..

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Jun 21, 2011 @ 13:43:40

      Makasih.. Semoga tulisan ini sangat bermanfaat untuk teman2..

      Reply

  2. fahmiy
    Nov 29, 2011 @ 11:17:36

    Waw kerennya Indonesiaku. Betapa kayanya negeriku..

    Reply

  3. anugrahsyafaat
    Dec 02, 2011 @ 09:36:49

    subhanallah yah sesuatu:)

    Reply

  4. Abethzha Febriatun
    Dec 08, 2011 @ 09:50:39

    kereeeeeeennnnnn bgt….

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Dec 08, 2011 @ 14:08:54

      Terima kasih.. Mari kita sama2 mengangkat objek wisata yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan mencintai wisata Indonesia. Info lebih lanjut Fb/Twitter : MIR yosha / @MIR_yosa

      Reply

  5. enamustari
    Nov 10, 2012 @ 04:18:55

    kayanya makanannya juga unik2 tuh,,

    Reply

  6. mohiyosrosyid91
    Dec 15, 2012 @ 07:30:38

    enamustari : Iya makananya unik-unik. Ayo berwisata ke Lebak Selatan. Pantai Selatan sangat indah dan mengagumkan.🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: