Home

PMBS

Paguyuban Masyarakat Banten Selatan (PMBS)

A.    Latar Belakang

            PMBS merupakan akronim dari Paguyuban Masyarakat Banten Selatan. Perkumpulan atau organisasi yang mewadahi pemikiran anak selatan ini bisa menjadikan teman-teman untuk bisa berbagi, bertukar pikiran, bahkan menjaring aspirasi masyarakat supaya tersampaikan. PMBS lebih mengutamakan pada ranah pengembangan masyarakat (community development). PMBS diharapkan dapat mewadahi keinginan-keinginan masyarakat. Melihat banten selatan mempunyai potensi SDA yang melimpah, seperti pertanian, pertambangan, kreativitas anak daerah yang kurang tersalurkan, dsb. Beranjak dari pemikiran tersebut, PMBS mewadahi aspirasi masyarakat agar dapat memajukan daerah secara bersama-sama dan bergerak secara buttom up serta partisipatif.

B.     Sejarah PMBS

            PMBS adalah Paguyuban yang mempunyai konsistensi terhadap pemberdayaan masyarakat Banten Selatan. PMBS di bentuk pada tanggal 12 Januari 2009, di Serang. Di tetapkan di Pasir-Putih Malingping pada tanggal 8 Februari 2009. Selain itu juga dari berbagai stakeholders datang seperti Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat. Adapun mahasiswa yang tergabung adalah IPB (Institut Pertanian Bogor), UNTIRTA,  UIN Bandung, UNMA, STKIP. Bahkan pengusaha muda, sarjana muda yang baru lulus datang untuk memikirkan konsistensi pengembangan masyarakata ini. Diharapkan dengan adanya konsistensi ini, kita bisa berbagi dan menyalurkan ide-ide tentang kedaerahan.

Visi dan Misi Paguyuban Masyarakat antara lain :

Visi : Menjadi Paguyuban yang mempunyai karakter Idealis, Kritis, dan Mengabdi kepada Masyarakat pedesaan dan kedaerahan (community development).
Misi :
1. Mampu mengembangkan daerah dengan aksi intelektual, dan menjaring inspirasi masyarakat pedesaan.

2. Menjadi paguyuban yang berkarakter cinta kepada daerahnya.
3. Berbagi informasi penting tentang kedaerahan, seperti beasiswa, politik, sosial, dan masalah yang menyangkut kedaerahan.

4. Mempunyai sosiability tinggi dari setiap anggotanya.

5. Menjalin jaringan dari berbagai stakeholders.

C.    Makna Lambang

PMBS melambangkan bentuk Badak bercula satu, dimana BADAK dikenal dengan sangat kuat, tangguh, dan Mandiri. Diharapakan adanya PMBS ini menjadi salah satu motor atau penggerak pengembangan masyarakat (community development) yang independent serta tangguh dan kuat dalam menghadapi tantangan. Selain itu PMBS bisa bekerjasama dengan berbagai stakeholders dalam memajukan pengembangan masyarakat (community development) di  Banten Selatan. Makna dari warna Hitam melambangkan keteguhan, kekuatan, dan ketabahan hati. Selain warna biru identik dengan daerah pantai, ternyata biru juga mempunyai makna yaitu melambangkan kejernihan, kedamaian, dan ketenangan.

3 Comments (+add yours?)

  1. MIR_yosa
    Jun 13, 2011 @ 16:05:06

    Wah sejarah dan latar belakangnya sangat jelas.. Sangat mampu memberikan aspirasi2 kepada masyarakat Lebak selatan khususnya. Mulai dari yang kecil, mulai bergerak, dan menjadi lebih baik..

    Reply

  2. Rheina
    Jul 09, 2011 @ 01:31:21

    memang yach PMBS itu sngat brarti u/ kta smw sbg msrkt BS, mdh2an orgnsasi ni dpt mnjdkn suatu motvsi u/ gnrsi2 slnjt’y.

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Jul 16, 2011 @ 14:44:30

      Semoga dengan adanya PMBS ini mampu memotori pergerakan teman2 Banten Selatan terutama dalam konsistensi Pengembangan Masyarakat.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: