USAHA YANG DIKEMBANGKAN PADA TAHUN 2013 – 2015

Oleh:

Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm

(MIR Yosa)

MENGAJAK DAN MENGGERAKAN PARA PETANI UNTUK MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH DAN MEMAKSIMALKANNYA UNTUK DIMANFAATKAN DENGAN BAIK

#Malingping #Wanasalam #Cijaku dan #Cigemblong

Penggagas Jahe Merah Lebak Selatan

Penggagas Jahe Merah Lebak Selatan

http://www.radarbanten.com/read/berita/170/17634/Pemuda-Banten-Selatan-Budidayakan-Jahe-Merah.html

Penanaman Jahe merah di lahan berpasir

Penanaman Jahe merah di lahan berpasir

Jahe merah merupakan kebutuhan obat-obatan maupun bahan baku minuman seperti bandrek dan industri lainnya seperti kopi jahe, susu jahe, wedang jahe, biskuit jahe, dan lain-lainnya. Kebutuhan pasar yang semakin tinggi terhadap bahan baku jahe merah, menjadikan Kelompok Tani Kreatif Plasma binaan Paguyuban Masyarakat Banten Selatan (PMBS) mengembangkan bibit jahe merah.

Keprihatinan terhadap pertanian, menjadikan sebuah pergerakan agar masyarakat ikut serta untuk mengembangkan pertanian. Jika mereka mandiri dalam bertani niscaya perkembangan pertanian di #BantenSelatan atau di #LebakSelatan khususnya dan Indonesia umumnya mengalami kedaulatan pangan. Inilah cita-cita besar yang diinginkan oleh semuanya.

Bibit jahe di jual ke pasaran. Bibit jahe yang di jual merupakan bibit yang sudah tumbuh di polybag dan siap ditanam. Harga bibit per polybag sangat terjangkau dan ekonomis bagi para generasi pencinta pertanian.

Bibit jahe juga dapat ditanam di lahan berpasir dan cocok di tumpang-sarikan dengan pohon pisang, cabai, tomat, kapolaga merah, pohon sengon (jengjeng) dan bahkan pohon jabon. Usia panen jahe merah yaitu 11 bulan untuk pembibitan kembali, dan 6 sampai 7 bulan untuk dikonsumsi sebagai bahan baku. Harga jahe merah yang fluktuatif (naik – turun) dan tidak menentu karena tergantung harga pasar, masih tetap diterima dan dibudidayakan oleh kalangan para pencinta pertanian.

Bibit jahe merah

Bibit jahe merah

Bibit jahe yang berkualitas dan membaik di bandrol dengan harga Rp 2.000 per polybag (Harga Tahun 2014). Harga ini tergolong ekonomis di semua kalangan pencinta pertanian. Bibit ini siap ditanam di lahan milik petani. Atau bisa juga ditanam di pekarangan rumah baik menggunakan karung atau media lainnya. Jika masyarakat mengembangkan jahe merah di pekarangan rumahnya maka tidak usah membeli kebutuhan dapur ke pasar. Sebuah kenikmatan tersendiri jika memanen hasil pertanian yang ditanam dan di konsumsi sendiri. Ditambah juga, menghemat anggaran rumah tangga. Sehingga tidak boros dalam manajemen keuangan pribadi atau keluarga. Dari kegiatan itu saja, kita mampu menyisihkan atau menabung dari sebagian pendapatan rumah tangga kita. Apalagi khasiat jahe merah sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Menjaga dan memperkuat imun daya tahan tubuh kita. Sehingga di dalam kondisi apapun badan kita tetap fit atau sehat. Jahe merah mempunyai banyak khasiat untuk kebugaran tubuh kita.

Pertumbuhan Jahe Merah di karung

Pertumbuhan Jahe Merah di karung

Pertumbuhan Jahe Merah dikarung dirasa paling bagus dan hasilnya lebih maksimal jika dibandingkan dengan penanaman jahe merah melalui media tanah langsung. Unsur hara yang ada di dalam kandungan tanah bisa terukur dan disesuaikan kebutuhannya jika menggunakan media karung. Sedangkan jika penanaman ditanah unsur haranya sangat berebut antara tanaman satu dengan tanaman yang lainnya. Hal itu harus diimbangi dengan sistem penyiraman dan pemupukan yang baik. Jika penyiraman rutin maka akan membantu pertumbuhan jahe maksimal. Maka cobalah untuk membiasakan menanam dan merawat tumbuhan yang kita miliki. Mulai dari sekarang biasakan untuk menanam jahe merah. Produk rempah-rempah ini sangat dicari oleh orang luar negeri karena kaya dengan khasiatnya. Termasuk orang Belanda sangat menggemari untuk mengkonsumsi olahan minuman dari bahan baku jahe merah.

Pemupukan Jahe Merah

Pemupukan Jahe Merah

           Belajarlah untuk menanam, karena di dalam proses menanam atau bertani, kita diajarkan untuk bersabar dan mempunyai jiwa untuk mensyukuri kepada sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT. Mulai lakukan dari diri sendiri untuk menggemari bercocok tanam. Saya sarankan untuk mengembangkan tanaman rempah-rempah salah satunya jahe merah. Di masa depan peluang jahe merah sangatlah potensial, apalagi jika bisa mengembangkan industrinya.

Proses penyiraman jahe merah

Proses penyiraman jahe merah

Inilah salah satu bentuk gerakan para Kelompok-Tani yang mengajak untuk berbuat kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini sudah dilakukan dengan baik selama dua tahun (2013 – 2015). Lokasi pengembangan berada di Saung Kreativitas Tani – Plasma Jl Raya Bayah Kp. Simpang Rt/ Rw 13/ 01 Desa Sukamanah, Malingping, Lebak, Banten. Berharap kegiatan ini bisa terus tertularkan kepada para Kelompok-Tani yang ada di Kabupaten Lebak untuk semakin mandiri dalam mengembangkan usaha pengembangan Jahe Merah terutama untuk masyarakat yang berada di Kecamatan #Malingping #Wanasalam #Cijaku dan #Cigemblong