MAKNA KEMERDEKAAN RI KE 70 TAHUN

Oleh:

Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm

(MIR Yosa)

           Indonesia patut berbahagia karena dihari ini tepat tanggal 17 Agustus 2015 merayakan kemerdekaannya yang ke 70 tahun. Diseluruh pelosok negeri ini ikut meramaikan hari Besar Nasional ini dengan berbagai macam cara seperti perlombaan anak-anak, pawai motor, pesta kembang api di malam hari, dan lain-lain.

Perlombaan Joged Jeruk

Perlombaan Joged Jeruk

Lomba Balap Karung

Lomba Balap Karung        

Partisipasi warga dalam merayakan HUT RI ke 70

Partisipasi warga dalam merayakan HUT RI ke 70

              Diusianya yang sudah tua ini, Indonesia harus berbangga karena masih bisa merayakannya. Namun kebanggaan tersebut harus dimaknai positif agar Indonesia semakin maju dengan berbagai prestasi, maju terhadap pembangunan, dan maju untuk pengembangan masyarakatnya.

            Nyatanya, hari ini, diusianya yang sudah tua. Indonesia masih saja belum merdeka dalam aspek infrastruktur. Di Lebak Selatan yang wilayahnya masuk DOB (Daerah Otonomi Baru) Kabupaten Cilangkahan, Provinsi Banten yang selalu digencar-gencarkan oleh elit politik lokal dalam aspek infrastruktur masih rusak dan jelek.

Jalan Cimangpang Jalan Provinsi Banten

Jalan Cimangpang Jalan Provinsi Banten

             Di Jalan Cimangpang, Bayah yang arah ke Desa Cisero atau yang tembus ke Kecamatan Cibeber (Jalur Citorek) masih rusak dan sangat memprihatinkan. Meski jalan tersebut masuk jalan Provinsi Banten. Jalan yang merupakan akses kemajuan perekonomian ini masih saja dibiarkan dan dikelola kerusakannya.

Akses ke Citorek menuju Jalur Selatan

Akses ke Citorek dari Jalur Selatan

            Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 ini. Banten sudah mempunyai Gubernur Baru yaitu Bapak Rano Karno yang sering dikenal Si Doel Anak Betawi. Sudah saatnya beliau yang selaku Gubernur mengeluarkan kebijakan politiknya untuk memprioritaskan perbaikan infrastruktur di wilayah Banten Selatan.

Jalan Banten Selatan

Jalan Banten Selatan

             Sehingga, pada dasarnya masyarakat Banten Selatan memaknai kemerdekaan yang sesungguhnya saat ini adalah terbebas dari jalan yang rusak dan mengharapkan infrastruktur yang baik dan berkualitas. Inftrastruktur jalan, infrastruktur pendidikan, dan infrastruktur yang pro pada pengembangan masyarakat baik petani, peternak, dan nelayan. Itulah Kemerdekaan yang diharapkan oleh warga Banten Selatan di Kemerdekaan RI yang ke 70 ini.

MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA !!!