TEMU KANGEN

KELUARGA MAHASISWA BANTEN (KMB) – BOGOR

Oleh:

Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm

Keluarga Mahasiswa Banten (KMB)  -Bogor

Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) – Bogor

Aktivitas Buka Puasa Bersama dan Temu Kangen dapat dilihat di (http://publikbogor.id/2015/07/sadulur-salembur-membangun-bogor/ )

            Bogor – 5 Juli 2015, sehari sebelumnya, saya ditelepon oleh Mantan Ketum KMB Bogor Achmad Hidayatullah atau sering disapa Bang Toke atau Mang Daday untuk menghadiri buka bersama dan temu kangen sesama aktivis. Meski aktivitas saya saat ini lebih banyak di Serang bersama senior-senior KMB – Bogor yang mayoritas lulusan IPB. Lalu, dengan nada yang sangat riang, saya katakan Ya akan datang ke acara tersebut. Saya pun bersama rombongan Serang datang ke Bogor bersama Firda, Teh Melda, Kang Oman (Pengusaha Muda), Kang Ipung (Ketua LSM Pattiro), dan Kang Herry.

             Disela-sela kesibukan semuanya yang mempunyai rutinitas dan aktivitas masing-masing, tidak menyurutkan untuk bertemu, bersilaturahmi, dan nostalgia mengenang kisah masa lalu saat menjadi mahasiswa di Bogor. Rupanya bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah termasuk bulan untuk meningkatkan silaturahmi diantara kita semua. Aktivitas kita saat ini mungkin berbeda-beda, meski ada yang menetap beraktivitas di Bogor, Tanggerang, Serang, Rangkas, Pandeglang, Malingping, Cikeusik, Sumur, Cibaliung, dan sebagainya tetap kita disatukan dan dipertemukan kembali dengan kegiatan buka bersama di Asrama Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) – Bogor. Tempat dimana kita menimba ilmu dan tempat dimana kita mengasah potensi kepemimpinan (Leadership).

            Di bulan puasa juga, kita terus diajarkan untuk terus mempererat tali silaturahmi diantara umat yang seagama ataupun antara umat beragama. Melalui silaturahmi itu, maka akan membersihkan dosa-dosa kita kepada orang lain yaitu dengan meminta dan memberi maaf kepada orang lain. Silaturahmi dalam islam juga akan memperbanyak rezeki diantara orang yang senang melakukan silaturahmi. Menurut saya, buka puasa bersama memberikan nilai-nilai sosial untuk berbagi kebahagiaan, bertukar pikiran atau curhat, berinteraksi tentang kondisi kedaerahan (Banten), dan bahkan bertemu dengan orang-orang yang dicintai. Nilai-nilai kebersamaan di dalam kegiatan buka puasa bersama ini menjaga harmonisasi kita sebagai makhluk sosial.

           Semoga harmonisasi yang terjalin ini terus terjaga dan tertularkan kepada generasi-generasi kedepan. Mendapatkan hikmah dari silaturahmi bersama kokolot yang sudah menunjukan kesuksesannya. Memotivasi kita semua untuk terus berkarya dan menorehkan prestasi dalam hal positif. Memberikan kontribusi untuk kemajuan Banten agar menjadi daerah yang maju dan penuh prestasi yang membanggakan.