Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Jarak Maju Tresno, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Wujud Pemberdayaan Masyarakat (Community Development)

Oleh:

Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm

(Aktivis Pengembangan Masyarakat/ Community Development)

        Matahari masih malu-malu untuk keluar, udara dingin begitu terasa, dan tetes air embun membasahi tanah. Rupanya pagi pun sudah tiba dan segudang aktivitas masyarakat sudah mulai bergerak. Bapak-bapak sudah mulai sibuk dengan rutinitas dinasnya untuk mencari pakan ternak. Istri mereka pun setia menemani dinas suaminya. Suasana romantis begitu terasa dikala kesetiaan untuk menyambung hidup dilakukan secara bersama-sama. Itulah kesibukan para peternak di pagi hari.

Aktivitas Pagi Hari SPR Jarak Maju Tresno

Aktivitas Pagi Hari SPR Jarak Maju Tresno

     Pagi itu, suasana yang dingin begitu terasa. Secangkir kopi susu kambing hangat dan duren khas Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang menemani saya untuk bercengkrama dengan nuansa khas pedesaan ini. Seruputtttttt….. Perlahan-lahan ku nikmati rasa kopi susu kambing yang menghangati tubuh. Duren yang nikmat mulai kucicipi. Rupaya itu adalah penggoda untuk mulai berinteraksi dengan masyarakat peternak dan menggali berbagai informasi seputar peternak. Suasana pun mulai mencair dan kebersamaanpun mulai terjalin.

Diskusi antara Dinas, Peternak, dan Pendamping di Lokasi SPR.

Diskusi antara Dinas, Peternak, dan Pendamping di Lokasi SPR.

            Desa Jarak terletak di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Desa Jarak memiliki tujuh dusun yaitu Jarak Krajan, Jarak Tegal, Sarangan, Sungkul, Anjasmoro, Jarak Kebun, dan Tegal Rejo. Jarak dari pusat pemerintahan Kecamatan Wonosalam yaitu terletak 8 km2. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Jombang yaitu 35 km2, dan jarak dari pusat desa menuju pusat pemerintahan ibu kota Provinsi Jawa Timur yaitu 100 km2. Adapun Desa Jarak berbatasan dengan wilayah-wilayah sebagai berikut:

Sebelah Utara : Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam.
Sebelah Selatan : Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam.
Sebelah Barat : Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam.
Sebelah Timur : Kawasan Taman Hutan Raya Raden Suryo Perhutani.

Penetapan batas-batas desa ini diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) dan Data Monografi Desa Jarak, 2014.

Sinergisitas Kebersamaan SPR Jarak Maju Tresno

Sinergisitas Kebersamaan SPR Jarak Maju Tresno

           Poston (1962) dalam Nasdian FT (2006) mendefinisikan pengembangan masyarakat (community development) sebagai suatu proses membangun relasi atau hubungan sosial baik secara horisontal (dalam suatu komunitas) maupun vertikal (antara dan antar komunitas). Sanders (1958) dalam Nasdian FT (2006) pengembangan masyarakat dapat dipandang sebagai suatu proses, metode, program, atau gerakan. Pengembangan masyarakat sebagai suatu proses bergerak dalam tahapan-tahapan, dari satu kondisi atau keadaan tertentu ke tahap-tahap berikutnya, yakni mencakup kemajuan dan perubahan dalam artian kriteria terspesifikasi. Pengembangan masyarakat sebagai suatu metode merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dengan cara sedemikian rupa sehingga beberapa tujuan dapat dicapai. Pengembangan masyarakat sebagai suatu program merupakan suatu gugus prosedur dan isinya dinyatakan sebagai suatu daftar kegiatan. Pengembangan masyarakat sebagai suatu gerakan merupakan suatu perjuangan, sehingga ini menjadi alasan yang membuat orang-orang mengabdi.

Sinergisitas ABGC di SPR

Sinergisitas ABGC di SPR

           SPR (Sekolah Peternakan Rakyat) Jarak Maju Tresno menghimpun para peternak-peternak wong cilik yang terwadahi di lembaga SPR. Seperti yang dikatakan Poston (1962) dalam Nasdian FT (2006) di dalam SPR terjadi sebuah integritas yang menghasilkan sinergisitas antara pemerintah, pendamping, akademisi, businessman, dan para peternak untuk melakukan sebuah perubahan kearah kedaulatan pangan (swasembada daging). Disana terjadi hubungan sosial yang mewujudkan suatu program yang pada intinya mensejahterakan dan mengangkat kedaulatan para Peternak. Di SPR Jarak Maju Tresno juga menggerakan para peternak yang terhimpun baik puluhan, ratusan, maupun ribuan peternak untuk bersatu melawan para importir daging. Maka saya katakan bahwa Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Jarak Maju Tresno, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Wujud Pemberdayaan Masyarakat (Community Development).

Peternakan Kambing Etawa SPR

Peternakan Kambing Etawa SPR

              Tentunya, semangat kebersamaan dalam SPR yang tujuannya untuk memajukan agar negara Indonesia ini dapat berdaulat khususnya di swasembada pangan (daging) pemerintah harus mengapresiasi para peternak, memberikan intensif para peternak, menjamin kesejahteraan mereka, dan mengangkat derajat para peternak agar terus berdaulat. Selain itu juga, semangat yang sudah terbangun ini, harus terus dijaga agar dapat menularkan semangat-semangat ke pelosok-pelosok negeri ini. Agar Indonesia dapat menjadi negara maju. Bagaimanapun juga, ternak menyumbangkan kontribusi besar bagi kemajuan negeri ini.