Home

Kelinci Hias dan Potong Desa Sukamanah Malingping- Lebak, Banten

KELINCI HIAS DAN POTONG MALINGPING

Kp Sukamulya Barat Rt/Rw 12/03 Desa Sukamanah, Malingping

Penghasil Peternakan Kelinci yang Wujud Konkrik Program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PMBS (Paguyuban Masyarakat Banten Selatan)

Oleh :

Mohamad Iyos Rosyid

 

Kelinci merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan. Kelinci dikalangan orang-orang dikenal sebagai hewan hias. Orang-orang juga banyak yang tidak mengetahui manfaat kelinci dengan baik. Kelinci merupakan hewan yang Halal dan bergizi, kandungannya terdiri dari 20,8% Protein ; 10,2% Lemak ; 67,9% Kadar Air ; dan 7,3% (MJ/Kg) Kadar Kalori. (Sumber : Shaver (1981) ; Pusat Penelitian dan Pengembangan Ternak (1984) ).

Lebak Selatan selain menjadi wilayah sektor pariwisata ternyata para pemuda yang dibawah bimbingan Paguyuban Masyarakat Banten Selatan (PMBS), mengembangkan secara partisipatif dan swadaya dengan memanfaatkan sumberdaya lokal di bidang Peternakan Kelinci. Nama program tersebut dikenal dengan konsepan POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga). Dengan mengusung konsep Posdaya, masyarakat Desa Sukamanah dapat mandiri untuk melatih wirausaha dan berdaulat secara ekonomi. Kp Sukamulya Barat dipilih karena wilayah yang cocok dalam berternak kelinci, makanan kelinci seperti Kangkung sangat mudah ditemukan di tempat ini.

Kelinci Angora – Lucu, dan Menggemaskan

Kelinci yang dikembangkan di Kp Sukamulya Barat yaitu kelinci hias jenis Angora dan kelinci potong jenis American Cenchile. Harganya sangat vareatif, tergantung dari umur kelinci dan jenis kelaminnya. Untuk kelinci Hias yang biasanya berumur 1-2,5 bulan dapat mencapai harga Rp. 100.000 / ekor, sedangkan untuk umur 2,5-3,5 bulan dapat mencapai harga Rp. 200.000 / ekor , dan untuk lebih dari 3,5 bulan bisa mencapai Rp 500.000 / ekor dilihat dari kualitas kelinci dan ke khasan Angoranya seperti rambut, telinga, dan tingkat kelucuannya.

            Kelinci potong dalam mengukur harganya dilihat dari kegemukan dan berat badan dagingnya selain itu juga dilihat dari faktor umur kelinci. Untuk ukuran berat daging yang mencapai 2-3 Kg di bandrol seharga Rp. 60.000 / ekor. Kelinci yang berat badannya 3-5 Kg seharga Rp 100.000 / ekor , lebih dari 5-8 Kg seharga Rp 150.000 / ekor. Harga tersebut merupakan harga yang paling strategis dan murah, dapat dijangkau oleh semua kalangan, baik kalangan perekonomian bawah, menengah, dan perekonomian atas.

Kandang Kelinci Percontohan yang menggunakan sistem batterai

          Peternakan MIR’s Rabbit Farm selain menjual jenis-jenis kelinci, ternyata sebagai salah satu usaha yang memberikan nilai-nilai edukasi untuk lingkungan sekitarnya dalam mempelajari banyak manfaat terkait pemahaman dan pemeliharaan kelinci. Peternakan ini sering digunakan oleh anak-anak SD N 1 Sukamanah sebagai laboratorium lapangan guna memperkenalkan hewan-hewan dan mengajarkan kepada anak-anak cara mencintai hewan dan belajar berwirausaha kedepannya. Anak-anak SD N 1 Sukamanah sering menggunakan Peternakan ini sebagai media belajar menggambar dengan tema binatang kelinci.

Ayo berkunjung dan beli hasil pemberdayaan pemuda produktif Desa Sukamanah di bawah bimbingan Paguyuban Masyarakat Banten Selatan yang memiliki konsistensi terhadap Gerakan Horizontal Community Development.

Cp : Yosa 085716430555 dan Ica 087875847398

8 Comments (+add yours?)

  1. Sanuji Pentamarta
    Oct 09, 2012 @ 06:46:02

    Luar biasaaaa…. Saya kagum… Terus tingkatkan agar dapat memperbaiki ekonomi masayarakat… Terutama aktfitas pekerjaan dan penghasilan bagi pemuda desa..

    Reply

  2. mohiyosrosyid91
    Dec 15, 2012 @ 07:32:33

    Bapak Sanuji Pentamarta : Terimakasih pak atas komentar bapak di blog saya. Saya harap pemerintah Banten juga ikut membantu dan meninjau peternakan kami pak. :)

    Reply

  3. peternak kelinci
    Aug 26, 2013 @ 05:42:06

    ternak kelinci memang mantab……, mau diapain aja bisa. mau diambil daging, kulit, bahkan sampai untuk hias pun bisa….. so keep semangat masbro……
    ===============
    kelinci raksasa

    Reply

  4. Kelinci Banten
    Feb 04, 2014 @ 07:56:18

    Mantap, inilah pemuda yang diharapkan oleh Indonesia. Semangat…

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Feb 06, 2014 @ 06:02:28

      Terimakasih atas komentarnya, semoga para pemuda senantiasa berbuat dan berkarya untuk daerahnya agar lebih maju dan sejahtera. Itulah cita2 yang kami wujudkan.

      Reply

  5. gambar jenis kelinci
    Apr 02, 2014 @ 08:23:35

    mantab banget gan, memang bener kecepatan perkembangbiakan kelinci sangat menakjubkan, saya sendiri sampe kewalahan buatin kandang.
    ==============================
    gambar-gambar jenis kelinci

    Reply

  6. zaenal Arifin
    May 22, 2014 @ 09:35:29

    om…cara merawat & kasih makannya susah ga ya..?
    maklum ditempat saya susah cari rumput/sejenisnya.

    Reply

    • mohiyosrosyid91
      Jun 08, 2014 @ 02:10:24

      Mudah kq. Kalau susah cari rumput. Budidaya kangkung saja di pekarangan dengan menggunakan polibek. Atau beli konsentrat yang berbentuk pelet. Itu mudah dan praktis.
      Biasakan kelinci harus terkena sinar matahari dan kandang bersih.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: